Friday 23 December 2016

Terima gulungTrafo output/ OT dengan tekhnik multi layer winding

    Dalam membuat amplifier tabung output trafo sangat berpengaruh dalam hal kualitas suara.Sebaik apapun rangkaian,komponen highgrade dan tabung yang exotis kalau OT tidak baik maka kualitas suara yang di keluarkan akan berantakan,tidak sesuai dengan yang di inginkan.
     Banyak OT yang di gulunng dengan tekhnik gulunngan primer dan sekunder sederhana,seperti yang biasa di terapkan pada trafo daya.Hanya terdiri atas gulungan
sekunder yang di tumpuk di atas gulungan primer dan ukuran kern-nya relatip kecil.Kalau di timbang sebuah OT-nya paling hanya seberat 1kg saja.











    Ada satu cara tekhnik menggulung OT untuk mendapatkan suara yang lebih baik lagi,
yaitu dengan tekhnik MULTI LAYER WINDING dimana  gulungan primer dan sekunder
di selang-seling.Makin banyak tingkat selang selingnya  makin baik suaranya.Ada juga
yang menyebut ini dengan tekhnik MULTIPLE LAYER INTERLEAVING.
Cuma tekhnik ini sangat rumit pengerjaannya,karena harus bolak-balik,naik turunkan
gulungan.Kita harus menggulung primer dulu,kemudian turun dan naikkan sekunder begitu terus hingga sampai jumlah lapis yang di inginkan.














     Cara tekhnik gulung OT ini sudah saya terapkan pada amplifier saya dan di dapatkan
hasil yang memuaskan telinga saya.
Pada OT yang saya gulung,saya gunakan kern yang agak besar untuk mendapatkan nilai induktansi yang tinggi,di mana induktansi yang tinggi berguna untuk mendapatkan nada bass yangn rendah.Tekhnik gulung multi layer winding berguna untuk mendapatkan nada tengah dan tinggi yang sangat baik.

    BAGI anda yang ingin membuat amplifier tabung  dan belum mendapatkan OT-nya saya bantu anda;
TERIMA GULUNG OT  DENGAN TEKHNIK GULUNG MULTI LAYER
WINDING....sebutkan nilai impedansi primer dan sekunder yanng di inginkan,akan saya buat sesuai pesanan.














Contoh OT gulungan saya dengan impedansi 5k buat tabung 6L6.
















OT pada ampli tabung setelah di rakit;tengah adalah trafo power suply,kiri dan kanan adalah OT.


PHOTO di bawah ini adalah ampli tabung yang pernah saya rakit.















Amplifier 6L6 SE dengan penguat depan 12AH7.














6V6 SE dangan driver 12AT7















6L6 dengan driver Aikido EF92 dan 9AU7


Bagi anda yang berminat akan saya buat dengan menggunakan;

-kern nomor 24(sering di buat trafo 3Ampere)

-berat perbuah mendekati 1,5kg.
-HARGA PROMOSI Rp 350.000,- untuk sepasang OT.(2 buah).
081264469918
maaf tidak punya WA,BB,line ,FB dll. (tidak suka pake itu).

                    #############




































No comments:

Post a Comment